Senin, 11 Maret 2013

PERANGKAT KERAS PENYIMPANAN

Perangkat Keras (Media Penyimpanan Data)

3. Media Penyimpanan Data
Media penyimpanan data pada komputer terdiri dari harddisk, CD/DVD drive, floppy drive, dan USB flash drive (flashdisk). Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing perangkat tersebut.
a.  Harddisk
Harddisk merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan semua data maupun informasi. Tidak hanya untuk menyimpan data dan informasi, perangkat ini juga digunakan untuk menyimpan file dan folder yang telah kamu buat, software pendukung, dan lain sebagainya.
Harddisk
Harddisk
Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam perkembangannya, harddisk secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil, namun memiliki daya tampung data yang semakin besar. Kini, harddisk tidak hanya dapat terpasang di dalam CPU (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar CPU (eksternal) dengan menggunakan kabel USB.
b. CD/DVD Drive
CD/DVD drive merupakan komponen CPU yang berfungsi pada proses pembacaan dan penyimpanan data. CD drive dapat membaca dan menyimpan data dari komputer pada CD-R dan CD-RW, sedangkan DVD drive dapat membaca dan menyimpan data pada CD-R, CD-RW, DVD-R, dan DVD-RW.
CD-DVD Drive
CD-DVD Drive
CD-R atau CD-RW adalah sebuah piringan dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan pada CD-R atau CD-RW dapat mencapai 700 MB atau 700 juta byte. CD-R bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi), sedangkan CD-RW bersifat rewrite (dapat ditulisi berulang-ulang).
DVD-R atau DVD-RW pada prinsipnya sama dengan CD-R atau CD-RW, tetapi DVD-R atau DVD-RW dapat menyimpan data lebih banyak, yaitu dapat mencapai 4 GB (giga byte).
CD-R dan DVD-R
CD-R dan DVD-R
c.  Floppy Drive
Floppy drive adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan atau membaca data dari disket (floppy disk). Disket atau floppy disk adalah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi dengan lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang. Kapasitas disket yang paling umum adalah 1,44 MB (seperti yang tertera pada disket), tetapi kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1,38 MB.
Floppy Disk dan Floppy Drive
Floppy Disk dan Floppy Drive
d. Flash Drive (Flashdisk)
USB flash drive (flashdisk) sama seperti floppy disk atau CD-R/CD-RW yang dapat digunakan untuk menyimpan data, tetapi flashdisk memiliki banyak kelebihan dibanding dengan floppy disk atau CD-R/CD-RW, antara lain: memiliki kapasitas yang lebih besar (64 MB – 16 GB), kecepatan yang lebih tinggi, dan sangat praktis karena berukuran kecil sehingga bisa dibawa kemana-mana.
Flash disk
Flash disk
Cara penggunaan flashdisk sangat mudah karena menggunakan USB sebagai interface-nya. Hanya cukup menancapkan ke port USB pada PC dan akan langsung dikenali sebagai removable drive tanpa perlu proses rebooting (bersifat “plug and play ”) karena hampir semua sistem operasi terbaru dapat menginisialisasi driver.

http://tikom2sobang.wordpress.com/topik/kelas-vii/perangkat-keras-media-penyimpanan-data/


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar